7 Tempat Wisata Terbaik di Sumedang yang Lagi Hits (2022)

Sumedang mungkin terkenal dengan kuliner tahu yang khas. Tak heran kalau banyak orang lebih kenal tahu Sumedang daripada kotanya sendiri. Diam-diam, kota Sumedang yang ada di provinsi Jawa Barat juga memiliki pesona wisata alam yang memesona. Bahkan, ada tempat-tempat wisata hits yang wajib kamu kunjungi. Sekarang kita lihat di mana saja destinasi tersebut. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Sumedang:

1. Wisata Kampoeng Ciherang

Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang (kredit foto: instagram.com/jabargram/)
LokasiCijambu, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang untuk tiket masuk
Rp20.000/orang untuk tiket wahana
Rp40.000/orang untuk tiket terusan (tiket masuk + semua wahana)
Rating ulasan4,3/5.0 – 2.592 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang54 menit (22,1 km) lewat Jl. Raya Rancakalong
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan hutan pinus, flying fox, arena outbond, selfie sarang burung dan dek pohon, sepeda gantung, panahan, air terjun, kolam renang

Wisata Kampoeng Ciherang bisa diakses dengan kendaraan pribadi dan belum ada alat transportasi umum. Setelah sampai, kamu akan membayar tiket masuk. Kalau mau menikmati semua wahana, disarankan beli tiket terusan karena lebih hemat.

Untuk protokol kesehatan, kamu wajib memakai masker dan akan dicek suhu badan. Setelah masuk, kamu akan langsung melihat pepohonan pinus yang tinggi menjulang. Suasana terasa asri dan segar, semuanya terlihat hijau segar.

Ada area bermain anak dengan mainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Kemudian, ada banyak spot foto dan selfie di sini. Kamu akan berjalan keliling untuk bisa menikmati setiap spot hiburan yang tersedia. Anak-anak pasti bakal senang diajak ke sini.

Selain itu, ada juga wahana seru yang menguji adrenalin. Kamu pun bisa menikmati keseruan dengan cara berbeda juga. Ikuti jalan setapak yang berujung pada sungai dengan air jernih. Oh iya, di sini juga ada kolam renang yang estetik. Ada juga sejumlah fauna jenis unggas.

Sementara, untuk fasilitas, tersedia banyak gazebo. Ada toilet, musala, warung, lahan parkir, spot terbuka untuk bersantai. Di sini juga biasa dijadikan tempat camping, lho. Wisata alam ini cocok untuk keluarga, anak-anak, teman serta pasangan.

2. Curug Cinulang

Curug Cinulang (kredit foto: instagram.com/rossyrostiawati/)
LokasiJl. Cicalengka Sindang Wangi No.km.07, Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-16.00
Sabtu-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 1.942 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang1 jam 20 menit (32,9 km) lewat Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, pemandangan air terjun, pemandangan hutan

Curug Cinulang merupakan wisata air terjun yang begitu menarik. Lokasi air terjun berada di bawah, sehingga kamu perlu trekking sedikit ke sana. Jaraknya sekitar 200 meter dari pintu masuk. Mendekati air terjun, kamu akan berjalan di atas jembatan dari kayu yang desainnya artistik.

Sampai ke lokasi dekat air terjun juga ada warung. Ada dua jembatan terdekat dari air terjun. Pertama, jembatan kayu di atas. Kedua, jembatan bambu dan rotan di bawah. Di atas, kamu bisa melihat pemandangan air terjun kembar dari ketinggian.

Setelah itu, kamu bisa turun ke bawah, kemudian melewati jembatan untuk menyeberang sungai berbatu. Sungai ini merupakan muara air terjun yang airnya mengalir deras. Kamu tidak perlu berenang kalau ingin basah-basahan. Cipratan airnya begitu kencang sehingga kamu pasti basah.

Namun, tidak perlu khawatir karena sudah disediakan toilet dan kamar ganti. Selain itu, serunya lagi, air terjun ini berada di tengah hutan dan semak rimbun. Jadi, suasana hijau alami serta asri di sini.

Aktivitas kesukaan pengunjung selain berfoto adalah duduk santai menikmati minuman hangat dan makanan. Selebihnya, untuk fasilitas umum sudah lengkap. Ada lahan parkir, toilet, musala, gazebo, warung makan dan lesehan. Tempat wisata ini ideal untuk keluarga, teman, sahabat serta pasangan.

3. Nangorak Camp

Nangorak Camp, Sumedang (kredit foto: instagram.com/nangorakcamp/)
LokasiMargamekar, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang (HTM)
Rp15.000/orang untuk camping
Rating ulasan4,5/5.0 – 387 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang34 menit (10,7 km) lewat Gunung Puyuh Nangorak
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan perbukitan, spot foto

Nangorak Camp merupakan tempat camping dengan nuansa alam hijau nan segar. Kamu juga bisa memarkir kendaraan di area camping. Biasanya pengunjung naik motor ke sini. Nangorak Camp juga merupakan salah satu tempat camping di Sumedangkesukaan campers.

Tidak heran karena lokasinya yang mudah dijangkau. Selain itu, tempat camping ini berada di ketinggian 1.060 m, membuatnya ideal untuk berkemah. Kamu tidak perlu menanjak ekstrem, tapi juga sudah berada cukup tinggi untuk menikmati pemandangan yang menawan.

Dari tempat camping ini terlihat view perbukitan seperti bergradasi warnanya. Bukit terdekat berwarna hijau, dan bukit-bukit yang lebih jauh terlihat biru tertutup awan putih tipis. Sementara, area camping ditumbuhi rerumputan dengan pohon-pohon hijau.

Kamu pun bisa camping dengan tenang karena fasilitas di sini lengkap. Ada toilet, air bersih, listrik, dan warung. Sementara, untuk tenda, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa dari pengelola.

Jadi, ada tiket masuk Rp5.000 per orang, kalau camping tiketnya Rp15.000 per orang. Lalu, biaya sewa tenda Rp60.000 dan matras Rp15.000. Apabila kamu bawa perlengkapan camping sendiri, bayar tiket masuk saja Rp15.000.

Nah, kalau camping kamu tidak boleh melewatkan pemandangan sunset dan sunrise yang cantik. Selain itu, terlihat pemandangan Sumedang dari ketinggian. Kalau tidak camping juga bisa, kok, cuma jalan-jalan saja. Nangorak Camp cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, juga pasangan.

4. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun, Sumedang (kredit foto: instagram.com/kampungkaruhun/)
LokasiJl. Pagarbetis, Citengah, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang dewasa
Rp15.000/anak-anak
Rating ulasan4,3/5.0 – 1.679 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang30 menit (11,9 km) lewat Jl. Baginda
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot selfie, kolam renang, bermain di sungai, wahana Sky Swing, river tubing

Kampung Karuhun merupakan kawasan Eco Green Park bernuansa pedesaan di Sumedang. Untuk masuk, kamu akan dicek suhu dan perlu check in dengan aplikasi PeduliLindungi. Selain tiket masuk, di loket juga disediakan voucher Wi-Fi Rp10.000.

Setelah masuk, ada wahana Sky Swing yaitu ayunan di ketinggian. VIew di bawah berupa sungai berbatu yang airnya jernih dan bersih. Setelah berjalan lagi ke dalam, kamu akan menemukan area kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Berenang menjadi salah satu aktivitas favorit pengunjung.

Melanjutkan jalan-jalan, kamu akan menjumpai wahana permainan anak. Lalu, kamu akan sampai di Kawasan Etnik Nusantara. Omong-omong, kamu juga bisa camping di kawasan wisata ini.

Kembali berkeliling, di jalan menuju kampung etnik, kamu akan melihat kolam ikan. Ada warung olahan khas ikan di dekatnya. Kemudian, lebih ke dalam, ada kedai kopi juga. Ada pula bangku dan lesehan tepat di pinggir sungai. Duduk di tengah alam dikelilingi pepohonan hijau, syahdu rasanya.

Nah, setelah itu, kamu pun sampai di kampung etnik dengan banyak spot foto. Ada saung-saung khas Sunda yang disewakan sebagai tempat beristirahat. Ada juga rumah-rumah adat khas Papua.

Untuk fasilitas umum, di sini tersedia toilet, musala, warung, kedai kopi, lahan parkir. Kampung Karuhun cocok untuk liburan keluarga, pasangan, juga dengan teman-teman.

5. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa, Sumedang (kredit foto: instagram.com/wa_gajahdepa/)
LokasiJl. Raya Serang No.90, Galudra, Kec. Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-16.00
Sabtu-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Kamis, Rp30.000/orang
Jumat-Minggu, Rp35.000/orang
Rating ulasan4,2/5.0 – 770 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang6 menit (3,0 km) lewat Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam renang, ember tumpah, family slide, spiral slide, water capsule, water roller, water ball, hand boat, kolam salju

Kalau sedang mencari tempat bermain air, mampir saja ke Wisata Air Gajah Depa. Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana permainan air dan ada kolam renang juga. Kamu bisa menyebutnya water park mini tapi lengkap di dalamnya.

Setelah bayar tiket masuk, kamu bisa ke dalam. Di dalam, kamu bisa menyimpan barangmu sendiri atau sewa loker. Biaya sewa loker umum Rp5.000 dan pelajar Rp2.000.

Nah, untuk wahana, kamu akan menjumpai kolam renang anak dan dewasa, lengkap dengan slide atau perosotan. Ada macam-macam wahana permainan air yang seru.

Salah satu yang paling asyik adalah ember tumpah. Jadi, kamu duduk untuk bersiap meluncur di atas perosotan. Kemudian, ada air tumpah dari ember raksasa yang berada di atas kamu, membuat kamu tersiram. Seru, bukan.

Selain itu, yang menjadi favorit pengunjung adalah kolam salju. Jadi, ada kolam renang dengan air sangat dangkal yang permukaannya tertutup buih putih seperti salju. Asyik bermain di kolam ini.

Selain wahana, tersedia juga fasilitas lengkap. Ada toilet, kamar ganti, tempat duduk, penjual makanan dan minuman. Ada juga counter yang menjual berbagai perlengkapan berenang. Wisata ke sini cocok sekali untuk keluarga. Juga boleh untuk teman-teman dan pasangan.

6. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi, Sumedang (kredit foto: instagram.com/pratiwi_wg/)
LokasiCiputrawangi, Curug, Narimbang, Kec. Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 609 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang38 menit (16,8 km) lewat Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan air terjun, Ciputrawangi Garden, sewa kostum Belanda

Curug Ciputrawangi juga merupakan jalur pendakian ke Gunung Tampomas. Namun, kebanyakan wisatawan kemari untuk menikmati air terjunnya saja. Jika bawa motor berboncengan 2 orang, ada biaya parkir Rp15.000. Setelah bayar tiket masuk, kamu bisa memasuki kawasan wisata.

Terdapat banyak pohon, tanaman dan semak hijau, membuat suasana asri dan segar. Di dekat pintu masuk ada banyak warung. Selain itu, ada fasilitas toilet dan lahan parkir.

Untuk menuju air terjun, kamu perlu trekking dahulu. Setelah berjalan sedikit, jalannya menanjak dan berbatu, dengan pohon-pohon dan semak di kanan-kirinya. Jalan menanjak ini tidak panjang, sekitar 15 meter. Setelah itu, jalannya kembali landai.

Di tengah perjalanan, ada air terjun mini. Setelah itu, jalan kembali menanjak. Sedikit lagi berjalan, kamu pun sampai di air terjun utama. Air terjun ini tidak terlalu besar. Namun, airnya mengalir deras di berbatuan hingga ke bawah, membentuk kolam mini dengan air jernih.

Meskipun bukan air terjun besar, suasananya sangat segar. Di pinggir air terjun, ada berbatuan besar. Tempatnya cocok untuk duduk-duduk serta berfoto. Selain itu, pengunjung biasanya suka berenang di kolam yang berada di air terjun mini di bawah.

Setelah naik ke air terjun utama, serta berenang dan main air, biasanya pengunjung akan pulang. Wisata curug ini lebih cocok untuk kamu dan teman-teman yang hobi main di alam bebas.

7. Danau Situ Cilembang

Danau Situ Cilembang, Sumedang (kredit foto: instagram.com/aya.noorca/)
LokasiHariang, Kec. Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 423 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Sumedang42 menit (19,2 km) lewat Jl. Sindang Taman
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan danau, spot renang

Danau ini memiliki nama lengkap Situ Biru Cilembang. Di kawasan wisata ini terdapat fasilitas gazebo, warung, toilet, musala. Sebelum sampai di danau Situ Biru, kamu akan melihat kolam air yang biasa digunakan warga lokal. Kolam berair jernih ini biasa dipakai untuk berenang serta bermain gebuk bantal.

Kemudian, kamu akan trekking sebentar menuju danau, sekitar 500 meter saja. Sudah ada penunjuk arah di sepanjang jalan, jadi kamu tak kan tersesat. Jalurnya berupa jalan tanah setapak, ada sedikit bagian yang berbatu, dan di kanan-kiri terdapat pohon-pohon serta semak hijau.

Sepanjang perjalanan, suasana terasa asri dan segar. Omong-omong, kalau ke sini disarankan tidak datang pada hari Selasa dan Jumat. Menurut masyarakat, di hari-hari tersebut, warna biru telaga akan berubah. Kamu boleh menurutinya atau menjadikannya wawasan saja.

Nah, setelah berjalan sedikit, kamu akan sampai di danau Situ Biru. Airnya sangat jernih, bahkan bisa untuk bercermin. Lokasi danau sendiri cukup tersembunyi di tengah sawah, juga terdapat pepohonan rimbun di sekelilingnya.

Seperti namanya, danau ini memiliki air yang sangat biru dengan kedalaman sekitar 3 meter. Namun, air danau ini digunakan untuk keperluan masyarakat setempat. Wisatawan hanya boleh mencuci muka dengan airnya dan berfoto di sekitar danau.

Selebihnya, kamu tidak boleh menggunakan danau ini untuk beraktivitas. Tenang saja karena hanya menikmati suasana di danau sudah terasa menyenangkan. Wisata alam ini cocok untuk keluarga, teman, sahabat, juga pasangan.

Demikian tempat wisata terbaik di Sumedang yang lagi hits di tahun 2022. Ada banyak pilihan destinasi buat kamu. Tentu saja termasuk tempat camping yang bagus di Sumedang. Tentukan saja tempat wisata pilihan kamu untuk liburan bersama orang-orang terkasih. Jelajahi sisi lain Sumedang yang belum pernah kamu ketahui. Yuk, ke Sumedang!

Leave a Comment