Review Curug Cipendok Ikon Wisata Banyumas Jawa Tengah

Curug Cipendok adalah tempat wisata  alam yang cukup legendaris. Dimana legenda akan curug tersebut berhubungan dengan salah satu pemimpin di wilayah Banyumas, yaitu Raden ranusentika. Suasana alam di lokasi curug masih sangat asri dan natural.

Harga Tiket Masuk Curug Cipendok

Tarif kontribusi tiket masuk tempat wisata  alam ini cukup murah, hanya sebesar 10.000 IDR per orang. Untuk tarif parkir motor sebesar 3.000 IDR dan mobil sebesar 5.000 IDR.

Di dalam wisata ini juga menyediakan sebuah untuk para pengunjung yang hendak bermalam. Tarif biaya penginapan losmen per malam cukup murah, hanya sebesar 30.000 IDR per orang.

Begitu pula dengan tarif penginapan hotel yang berlokasi di sekitar wilayah curug. Biaya penginapan per malam juga cukup murah dengan fasilitas yang cukup standar hotel bintang 1, namun cukup nyaman. Besarnya biaya penginapan per malam mulai dari 40.000 IDR.

Lokasi

Curug Cipendok terletak di daerah hutan pedalaman. Jadi waktu perjalanan menuju ke lokasi akan terasa sejuk dengan adanya jajaran pepohonan di sepanjang jalan. Lokasinya berada di Dsn II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok – Banyumas. 

Karena lokasi dari wisata Jawa Tengah ini berada di daerah hutan, akses transportasi hanya memungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sebab tidak terdapat akan transportasi umum memadai yang menyediakan akses menuju ke lokasi curug tersebut. Setidaknya kondisi jalan sudah cukup baik dengan jalan aspal. Bagi yang lagi berwisata di lampung, silahkan ke pulau pahawang dan cek paket wisatanya di pahawangtrip.com.

Namun untuk akses transportasi umum yang berada di Banyumas, memiliki suatu kelebihan yaitu mudah disewa. Tarif sewanya pun juga cukup terjangkau. Alat transportasi umum tersedia bernama koparades. Angkutan tersebut bersedia mengantar para wisatawan yang hendak mengunjungi curug / air terjun Cipendok.

Sedangkan rute untuk kendaraan pribadi dapat mengambil arah jalan melalui kota Purwokerto dengan menelusuri Jl Jenderal Sudirman. Sampai di alun – alun Purwokerto, ambil arah jalan yang menuju ke Jl Cilongok. Sesampainya di pertigaan Rowosari, belok ke kanan atau ikuti petunjuk arah jalan yang menuju ke lokasi curug.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata  ini sangat memadai, terutama tentang fasilitas alamnya. Di lokasi wisata terdapat habitat alam yang masih sangat natural, yaitu keberadaan dari elang Jawa dan monyet.

Untuk elang Jawa dapat disaksikan di langit. Mereka biasanya terlihat beterbangan kesana dan kemari secara bebas. Selain elang Jawa, ada hewan predator lain yang terdapat di wilayah tersebut, yaitu harimau jawa.

Sementara monyet juga berkeliaran secara bebas di wilayah tersebut. Spesies monyet yang mendiami wilayah tersebut adalah monyet dengan warna bulu abu – abu. Penduduk sekitar menyebut monyet dengan rek – rek.

Sedangkan untuk fasilitas air terjun berupa sebuah curug dengan ketinggian ±92 meter. Kondisi air sangat jernih dan segar. Tepat di bawah aliran arus air terjun, terdapat sebuah kolam yang cukup dalam dengan tingkat kedalaman sekitar ±20 meter.

Destinasi wisata air terjun ini juga didukung oleh beberapa fasilitas penunjang lain. Seperti tempat parkir, toilet, sarana outbond, losmen hingga wisata kuliner. Lalu ada pula akses khusus untuk menuju ke lokasi wisata terdekat, seperti telaga pucung dan kampung pangiyongan.

Jam Buka

Waktu operasional dari tempat wisata  ini adalah setiap hari. Jam bukanya dimulai dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB. Demikian review dari tempat wisata  alam curug Cipendok. Tempat wisata  ini termasuk ke dalam kategori wisata alam yang harus dikunjungi ketika berada di Banyumas. Waktu tepat untuk mengunjungi curug adalah musim penghujan, dimana debit air cukup banyak dan menghasilkan lanscape curug yang sangat eksotis.

Leave a Comment