Review Crystal Bay Nusa Penida: Harga Tiket dan Daya Tariknya

Saat mendengar nama Crystal Bay Nusa Penida, mungkin kamu bertanya-tanya: apakah teluk ini berisi hamparan kristal?

Memang tak ada kristal yang bisa kamu temui di sana. Namun, keindahan pasir putihnya memang serupa kristal. Hal yang sama juga dapat kamu temui di perairannya yang jernih. Terlebih, saat sinar matahari siang menerpa permukaan laut. Kilaunya begitu memukau mata siapa saja yang memandangnya.

Pantai di Pulau Nusa Penida ini layak mendapatkan perhatianmu saat berlibur ke Pulau Dewata. Penasaran? Mari cari tahu lebih lanjut mengenai keindahannya di artikel ini.

Sekilas tentang Crystal Bay Nusa Penida

Keindahan Crystal Bay Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/nowbalimag/)
Nama PantaiCrystal Bay Nusa Penida
LokasiNusa Penida, Klungkung, Bali, Indonesia (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating pantai  4,4/5.0 – 7.414 ulasan Google

Meskipun masih masuk ke dalam Provinsi Bali, tetapi Nusa Penida adalah pulau yang terpisah dari pulau utama. Ia terletak di bagian tenggara Pulau Bali. Untuk pergi ke sana, pengunjung harus menaiki kapal feri mau pun fast boat. Jika kamu berangkat dari Pantai Sanur, perlu 40 menit untuk mencapai ke sana. Sementara itu, apabila kamu pergi melalui Pantai Kusamba Klungkung, kamu akan sampai ke Nusa Penida kurang lebih sekitar 30 menit.

Jarak Crystal Bay dari Pelabuhan Nusa Penida adalah sekitar 15 kilometer. Kamu bisa menaiki ojek, taksi, atau kendaraan yang sebelumnya sudah kamu sewa untuk pergi ke Crystal Bay Nusa Penida.

Crystal Bay terletak di wilayah Kabupaten Klungkung. Sepertiga wilayah Klungkung terletak di pulau utama. Sementara itu, dua per tiganya di Nusa Penida.

Laut di Crystal Bay sejernih kristal! Sehingga, dari permukaan kamu dapat melihat ikan-ikan yang berenang di antara karang. Tidak mengherankan jika Crystal Bay adalah salah satu tempat favorit untuk snorkelling mau pun scuba diving.

Ombak di Crystal Bay memang kuat. Meski begitu, pengunjung juga harus berhati-hati pada saat berenang di sana. Anak-anak pun memerlukan penjagaan yang ketat. Karena, sewaktu-waktu arusnya memang bisa deras, layaknya laut-laut lain di Nusa Penida. Sudah ada kejadian di mana beberapa turis meninggal dunia karena tidak hati-hati saat terseret arus.

Maka dari itu, jika kamu bukan perenang atau penyelam yang mahir, ada baiknya melakukan kegiatan tersebut bersama pemandu. Banyak pemandu yang dapat menemanimu untuk snorkelling atau scuba diving di sana. Selain itu, hindari berenang di area kanan pantai. Karena, di sanalah arus yang paling deras berada.

Terlepas dari arusnya yang kadang agak kuat, Crystal Bay memang menawarkan spot liburan yang cantik dan eksklusif. Bahkan, bisa dibilang Crystal Bay seperti private beach dengan segala pemandangannya yang mewah dan pasirnya yang bersih. Pada siang hari, kamu bisa melihat kemilau air laut yang terkena sinar matahari di bawah pohon-pohon palem. Pepohonan palem yang tumbuh di sekitar pantai sangat cantik, mengingatkanmu sekilas pada pantai-pantai di Florida. Sementara itu, saat senja, pemandangan siluet pohon palem, cakrawala panjang, dan bayangan pulau-pulau akan menenangkan hatimu.

Paduan jejeran palem, air sejernih kristal, dan pantai pasir putih yang menjorok ke laut membuatnya seperti beach club. Ditambah lagi, terdapat payung-payung berwarna-warni yang memunculkan kesan Instagrammable. Kabar baiknya, semua itu bisa kamu dapatkan secara gratis! Paling-paling, kamu hanya perlu membayar biaya parkir motor sebesar Rp2.000,00 dan parkir mobil sebesar Rp5.000,00.

Keelokannya membuat Crystal Bay cocok untuk siapa saja. Terlebih, garis pantainya mencapai 1 kilometer, sehingga pada saat padat pengunjung, pantai ini tak terasa penuh sesak.

Kesan mewah ini tak ayal membuat Crystal Bay menjadi pantai terindah di Klungkung yang disukai wisatawan lokal mau pun mancanegara.

Rute ke Crystal Bay Nusa Penida

Tidak sulit untuk pergi menuju ke Crystal Bay Nusa Penida. Berikut ini merupakan rute ke Crystal Bay Nusa Penida dari berbagai tempat

  • 33 mnt (14.1 km) via Jl. Raya Jungutbatu dari Klungkung (Cek rute di Google Maps)
  • 29 mnt (18.4 km) via Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, kemudian naik feri 30 menit dari Pelabuhan Tribuana Klungkung (Cek rute di Google Maps). Kemudian, sampai di Pelabuhan Toyapakeh,  berkendara 18 mnt (7,7 km) lewat Jl. Raya Klumpu – Toya Pake (Cek rute di Google Maps)
  • 46 mnt (31,4 km) lewat Jl. Raya Bugbug, kemudian naik feri 30 menit dari Pelabuhan Tribuana Klungkung (Cek rute di Google Maps). Kemudian, sampai di Pelabuhan Toyapakeh,  berkendara 18 mnt (7,7 km) lewat Jl. Raya Klumpu – Toya Pake (Cek rute di Google Maps)

Daya Tarik Crystal Bay Nusa Penida

Diving di Crystal Bay Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/tijanatimebomb/)

Membicarakan daya tarik Crystal Bay Nusa Penida memang tak ada habisnya. Baik pada pagi, siang, mau pun senja, Crystal Bay selalu menawarkan fasilitas dan pemandangan yang menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling menyenangkan bagi wisatawan dari Crystal Bay di Nusa Penida.

  • Bersantai di Pantai

Dengan garis pantai sepanjang 1 kilometer, tentu ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di Crystal Bay. Kegiatan favorit pengunjung di pinggir pantai adalah uduk di bawah payung warna-warni. Sementara itu, di meja tersaji makanan dan minuman pelepas lapar dan dahaga dari warung setempat.

Kamu memang tidak perlu khawatir soal makanan dan minuman. Di area Crystal Bay, terdapat banyak warung penjaja makanan dan minuman. Jenis makanan dan minuman yang disajikan pun beragam. Mulai dari snack sampai seafood, semua ada.

Tempat duduk dan payung-payung ini dinaungi oleh pohon-pohon palem. Palem-palem ini membingkai pemandangan pantai teluk dan laut serupa kristal, menjadi sebuah sketsa yang menawan. Maka, tempat ini juga kerap dijadikan lokasi swafoto atau foto bersama bagi para pengunjung.

Jika kamu enggan berenang atau menyelam, sekadar main air di pinggir pantai pun menyenangkan. Kontur pantai yang menjorok ke laut membuatnya terasa nyaman untuk duduk-duduk. Masih di bagian tepi, kamu juga bisa melihat ikan-ikan dan terumbu karang saat kamu menjejakkan kaki ke permukaan laut.

Crystal Bay juga terkenal dengan senjanya. Inilah penutup hari yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan saat berada di sana.

  • Snorkelling, Diving, dan Melihat Ikan Manta

Ombak yang tidak ganas, air yang sejernih kristal, dan kekayaan keragaman laut membuat Crystal Bay menjelma menjadi surga para penyelam. Aktivitas seperti snorkelling (menyelam di permukaan) hingga diving (menyelam hingga kedalaman tertentu) kerap dilakukan di sana.

Wisatawan bisa membawa peralatan diving dan juga snorkelling saat pergi ke sana. Namun, jika tidak punya, kamu bisa menyewa di sana. Atau, supaya lebih ringkas, kamu bisa menyewa paket tur Crystal Bay yang mencakup peralatan menyelam sekaligus pemandu. Bahkan, ada pula paket yang mencakup tur di seluruh Nusa Penida, naik perahu, hingga ke Nusa Ceningan!

Menyelam di Nusa Penida bak menyibak sebuah surga baru. Betapa kaya biota-biota laut yang ada di Crystal Bay. Mereka hidup dengan harmonis di sekitar terumbu karang dan juga tanaman-tanaman laut yang indah. Pada siang hari, cahaya matahari menembus dari permukaan air, membuat dunia bawah laut terlihat cemerlang.

Crystal Bay juga merupakan pintu masuk bagi ikan-ikan pari Manta ke Manta Bay, pantai indah lain di Nusa Penida. Ikan manta hidup di kedalaman 13 meter di bawah permukaan laut dan sering muncul ke permukaan. Ikan pari ini tidak memiliki sirip yang tajam dan jinak. Sehingga, penyelam sering mengabadikan momen berenang bersama ikan Manta di Crystal Bay.

Selain pari Manta, Crystal Bay juga merupakan rumah bagi ikan mola-mola, ikan bertulang terberat di dunia. Bentuknya yang unik menjadi incaran bagi para wisatawan untuk berfoto bersama.

  • Naik Perahu dan Memancing

Berada di dekat tebing-tebing indah, Crystal Bay menawarkan kemungkinan-kemungkinan liburan yang tak terlupakan. Hal itu juga termasuk dalam aktivitas memancing yang bisa dilakukan dari atas tebing dan memandang alam.

Naik ke atas tebing memang cukup melelahkan. Dibutuhkan tenaga dan kehati-hatian. Bagi pengunjung, disarankan buat menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman.

Namun, kelelahanmu pasti akan terbayar pada saat tiba. Pemandangan Nusa Penida yang membentang begitu cantik bak tirai surga. Selain itu, kamu juga dapat memancing di bagian tebing yang lebih rendah. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan hasil ikan yang banyak!

Kamu juga bisa memancing di atas perahu. Sewalah perahu yang ada di sana atau gunakan paket wisata yang sudah mencakup persewaan perahu. Arungi air laut Crystal Bay yang jernih dan memesona. Dengan perahu ini, bahkan kamu bisa mencapai Manta Bay.

  • Menginap di Hotel/Berkemah

Di sekitar Crystal Bay, banyak penginapan dan resort yang bisa kamu booking sesuai kebutuhan. Harganya variatif, mulai dari Rp200 ribuan per malam hingga jutaan. Penginapan dengan harga jutaan per malam biasanya berbentuk vila pribadi.

Mayoritas penginapan yang ada di Nusa Penida memang berkonsep bungalow atau cottage dengan kolam renang dan pemandangan pantai. Tak lupa terdapat hiasan palem-palem yang membuat suasana menjadi teduh.

Jika ingin lebih bebas, kamu juga dapat berkemah di area pantai Crystal Bay. Dinaungi pepohonan palem dengan ombak yang relatif tenang, Crystal Bay memberikan buaian tidur nyaman di malam hari.

Fasilitas Wisata di Crystal Bay Nusa Penida

Secara umum, Crystal Bay memberikan beberapa fasilitas dasar untuk membuat wisatawan nyaman, antara lain:

  • Tempat duduk berpayung
  • Toilet
  • Warung-warung makan lengkap
  • Area parkir yang cukup luas
  • Tempat penjualan oleh-oleh
  • Tempat sampah

Kemudian, ada juga fasilitas hiburan lainnya seperti:

  • Area berkemah
  • Persewaan peralatan menyelam
  • Sewa perahu untuk mengarungi Crystal Bay/ke Manta Bay
  • Tebing untuk memancing/melihat pulau-pulau
  • Bungalow dan hotel

Spot foto cantik di Crystal Bay Nusa Penida

Beberapa foto cantik dari Crystal Bay ini akan memperkuat keinginanmu untuk segera pergi ke sana. Kamu juga dapat mengambil foto-foto menawan ini dengan kameramu sendiri saat berkesempatan ke Crystal Bay.

Keindahan bibir pantai Crystal Bay Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/balihighlights/)
Keindahan laut dari tebih Crystal Buy Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/nusapenidatourtravel15/)
Spot foto cantik di Crystal Bay Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/anyuta_di_di_/)
Keindahan Crystal Bay Nusa Penida view Drone (kredit foto: instagram.com/wonderfulindonesia/)
Keindahan alam bawah laut Crystal Bay Nusa Penida (kredit foto: instagram.com/hara_siregar/)

Perkiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Berikut ini adalah perkiraan biaya yang perlu kamu keluarkan saat berwisata ke Crystal Bay.

Harga tiket masukGratis
Biaya parkirRp2.000,00 untuk roda dua Rp4.000,00 untuk roda empat
Biaya makanRp50.000,00-Rp200.000,00 per orang
Biaya minumRp20.000,00-Rp50.000,00 per orang
Biaya boat dive dan melihat Mola MolaSekitar Rp1.000.000,00
Biaya paket snorkelingRp225.000,00-Rp400.000,00 (tergantung jumlah orang)
Biaya sewa perahuSekitar Rp200.000,00
Biaya kemahGratis
Biaya toiletRp2.000,00
Perkiraan harga penginapan di sekitarMulai Rp200.000,00

Jika kamu hanya datang untuk sekadar menikmati pantai, kamu mungkin hanya mengeluarkan biaya tak lebih dari Rp10.000,00. Namun, jika kamu ingin makan atau minum, kamu membutuhkan uang sekitar Rp100.000,00-Rp300.000,00. Ditambah menginap, kamu membutuhkan uang sekitar Rp500.000,00-Rp1.000.000,00 per malam.

Catatan: Pengeluaran per orangnya bisa berbeda-beda tergantung dari aktivitasmu di sana

5 kelebihan Crystal Bay Nusa Penida

Berbagai kelebihan ini membuat Crystal Bay Nusa Penida sangat layak untuk kamu kunjungi saat berlibur:

  • Terletak di Pulau Nusa Penida yang eksotis
  • Keindahan alamnya menawan dengan pasir putih, air yang jernih, dan tebing-tebing tinggi
  • Mudah dijangkau
  • Fasilitasnya lengkap
  • Cocok untuk pencinta aktivitas bawah laut

5 kekurangan Crystal Bay Nusa Penida

Sesempurna apa pun sebuah tempat wisata, tentu memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Crystal Bay Nusa Penida:

  • Saat ramai pengunjung, pasirnya kerap kotor oleh sampah dan batu-batuan
  • Ombaknya tenang, tetapi di beberapa area arusnya deras
  • Persewaan paket snorkelling dan diving yang cukup mahal
  • Beberapa orang kerap memalak wisatawan asing untuk biaya masuk dan biaya lain
  • Minim penjaga pantai

Kesimpulan

Dibandingkan dengan pantai Kuta atau Seminyak yang langsung berbatasan dengan jalan umum, Crystal Bay memang membutuhkan usaha untuk dikunjungi. Selain itu, arus laut yang kencang juga mewajibkan para amatir untuk berenang dan menyelam bersama pemandu. Namun, kecantikan Crystal Bay memang sayang untuk dilewatkan. Fasilitasnya pun cenderung lengkap dan dekat dengan banyak penginapan. Sebelum bepergian, alangkah baiknya membaca baik-baik panduan dan peringatan dari pengunjung sebelumnya. Hal itu penting supaya liburanmu di sana jadi menyenangkan dan tetap aman.

Leave a Comment