Cara Cek Spesifikasi HP Android

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Karena melalui ponsel pintar, kita tidak hanya bisa menggunakannya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, melainkan untuk kebutuhan yang lainnya.

Sebagai pengguna Smartphone khususnya Android, Anda harus cermat dan mengenali Smartphone yang Anda gunakan dengan baik.

Tidak hanya tentang fitur-fitur dan aplikasi bawaannya saja, tetapi Anda juga harus mengetahui hardware dan spesifikasinya.

Sebelum menggunakan maupun membeli sebuah Smartphone, tentu sebagai pengguna kita harus mengecek spesifikasinya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui spesifikasinya, Anda akan mengetahui bagaimana seharusnya menggunakan perangkat tersebut dan bagaimana kinerjanya.

1. Melalui Dus Bawaan HP

Cara yang pertama untuk mengetahui spesifikasi HP Android adalah melalui dus bawaan HP.

Dalam setiap dus bawaan Hp pasti mencantumkan informasi spesifikasi dasar HP, seperti kapasitas RAM, ROM (storage), CPU, layar, kapasitas baterai, dan versi Android. 

Sebagai tips tambahan, sebaiknya jangan membuang dus yang menjadi pembungkus HP Anda.

Karena dus tersebut nantinya bisa bermanfaat jika Anda ingin menjual HP Anda kembali.

2. Melalui Pengaturan Tentang Ponsel

Cara selanjutnya adalah melalui menu pengaturan, silahkan buka menu pengaturan di Smartphone Android kemudian masuk ke menu About atau Tentang Ponsel.

Maka nantinya Anda akan mengetahui informasi yang mencakup tentang versi Android, tipe HP,  kapasitas RAM, kernel, dan yang lainnya.

Cara ini bisa digunakan di setiap tipe HP Android, dari HP keluaran terbaru hingga keluaran lama.

Namun, untuk lokasi menu cek spesifikasinya di setiap tipe HP berbeda-beda. Meskipun letaknya berbeda-beda, Anda hanya perlu mencari menu tentang ponsel maupun about phone saja.

3. Melalui Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z merupakan program yang digunakan untuk mengecek spesifikasi PC/Laptop.

Namun, sekarang sudah ada versi mobile-nya. Yang mana sekarang Anda sudah bisa mengecek spesifikasi HP Android secara rinci.

Aplikasi ini akan membeberkan informasi mengenai CPU Anda terkait dengan kecepatan clock untuk tiap core, serta merk dan kemampuan prosesor Anda.

Informasi hardware smartphone Anda yang lainnya juga bisa ditinjau melalui aplikasi ini. 

Selain itu, informasi sistem operasi juga bisa ditinjau melalui aplikasi ini.

Diantaranya versi OS, merek perangkat, layar, teknologi layar kapasitas RAM, dan kapasitas ruang penyimpanan. Aplikasi CPU-Z bisa didownload secara gratis di Play Store.

4. Melalui Aplikasi Aida64

Cara cek spesifikasi HP Android yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Aida64.

Meskipun aplikasi Aida64 memiliki size file dengan ukuran yang lumayan besar, namun aplikasi besutan Finalwire Ltd ini juga mampu secara detail menggambarkan spesifikasi smartphone Android Anda.

Aplikasi AIDA64 akan menampilkan spesifikasi layar, mulai dari resolusi hingga ukuran. Selain itu, Anda bisa mengetahui jenis processor dan GPU yang tertanam di dalam Smartphone Anda.

Menariknya, aplikasi AIDA64 juga bisa melihat jenis sensor kamera lengkap dengan resolusi foto dan videonya.

5. Melalui Internet

Setiap Brand Smartphone pastinya memiliki website resmi yang digunakan untuk promosi produk mereka.

Di dalam Website tersebut juga terdapat produk beserta penjelasan secara mendetail mengenai keunggulan maupun fitur yang ditawarkan. 

Selain itu, banyak juga website-website lain yang mengulas atau unboxing sebuah Smartphone secara lengkap dan mendetail, salah satunya adalah Ponselio.com.

Di website tersebut juga berisi informasi-informasi mengenai spesifikasi sebuah Smartphone yang dijelaskan secara lengkap. 

Untuk melihat Spesifikasi HP Android melalui internet, Anda bisa mengunjungi website resminya tipe Smartphone Anda atau mengunjungi website-website yang menyediakan Informasi seputar Smartphone. 

Demikian informasi mengenai cara cek spesifikasi HP Android dengan mudah tanpa ribet. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment